Ujian EPS TOPIK adalah tes khusus untuk calon pekerja migran yang akan melamar bekerja ke Korea. Tes ini terdiri dari soal membaca (읽기) sebanyak 20 buah dan soal mendengar (듣기) terdiri dari 20 buah juga.

Untuk bisa lulus ujian EPS TOPIK tersebut, kita perlu memahami jenis soalnya agar bisa mempersiapkan dengan baik. Kali ini kita akan mengupas tipe soal yang keluar di ujian EPS TOPIK bagian Reading.

(Penting! Perlu dipahami bahwa ujian EPS TOPIK diselenggarakan oleh pemerintah Korea dan bersifat rahasia. Tapi tenang saja, kita akan membedah dan membahas latihan soal yang dibuat semirip mungkin dan sama kualitas soalnya dengan ujian asli)

Banner news 1

Langsung saja, dalam soal reading terdapat tipe-tipe soal berikut:

1. “Soal bergambar” untuk nomor 1-2. Biasanya gambar yang muncul adalah kategori gambar umum dan seputar pekerjaan. Misalkan gambar buah dan alat pertanian, atau gambar makanan dan gambar alat pabrik.

Soal gambar EPS TOPIK

2. “Soal kosakata” untuk nomor 3-4. Biasanya jenis soal yang muncul adalah lawan kata, sinonim, atau kata yang berkaitan.
Misalnya ada kata 나이 dan 밥, jika ada pilihan jawaban 먹다 itu yang kita pilih. Karena cocok buat kedua kata diatas.. bisa dipahami kan..?

3. “Melengkapi kalimat kosong” untuk nomor 5-8. Biasanya kita dites seputar tata bahasa dan ekspresi korea. Misalkan ada kata 구두를 … dan kita harus mencari kata kerja yang cocok. Kalau ada pilihan 신어요 dan 입어요, kita pilih yang 신어요 karena itu cocok untuk 구두.

soal EPS TOPIK

4. “Soal membaca gambar” untuk nomor 9-12. Di dalam gambar ada bacaan yang kita harus paham intinya. Nah.. biasanya soal yang muncul nanti adalah disuruh memilih yang benar atau yang tidak benar dengan isi gambar.

5. “Melengkapi kalimat yang kosong” untuk nomor 13-14. Biasanya soal ini berupa cerita walaupun pendek. Dan terdapat pilihan jawaban seputar kosakata dan tata bahasa. Misalkan ada kalimat 작업장이 너무 __ 작업하기가 힘들어요. Artinya begini 👉 tempat kerjanya ___ jadi berat kalau untuk kerja. Maka kita harus pilih jawaban yang pas. Pilih yang maknanya berat, sulit, capek, dll.

6. “Soal memahami bacaan pendek” untuk nomor 15-16. Biasanya kita disuruh memilih kosakata yang menjadi inti dari bacaan. Misal bacaan seputar hobi atau pekerjaan. Tipsnya: pahami bacaan secara garis besarnya, lalu pilih kosakata yang paling berhubungan.

7. “Membaca artikel” untuk nomor 17-20. Bacaan ini kategorinya umum dan seputar pekerjaan. Jadi kita perlu banyak kosakata agar paham bacaan tersebut. Soal yang muncul biasanya adalah kita disuruh mencari inti bacaan. Terus kita disuruh mencari kalimat yang sesuai dengan bacaan.

soal membaca EPS TOPIK

Itulah tipe soal Reading EPS TOPIK yang harus kita ketahui. (Tipe-tipe soal diatas bisa berubah tergantung perubahan tipe soal ujian asli yang keluar). Tapi semua bisa kita siapkan dengan baik.

Bagi yang ingin mempersiapkan ujian dengan baik dan punya target lulus dengan nilai tinggi, bisa belajar dengan buku Bedah Soal Tryout Terbaru. Apa saja isinya?
1. 10 Set tryout soal tipe terbaru
2. Terdapat soal sinonim dan antonim
3. Diterjemahkan bahasa Indonesia, enak buat belajar.
4. Mp3 Audio Soal Listening
5. Script Listening
6. Kunci jawaban

Bedah Soal Tryout Terbaru

Buku ini sudah banyak dimiliki berbagai LPK dan siswa seIndonesia. Jangan sampai ketinggalan. Pemesan bisa lewat toko online 👉 klik langsung Toko Pedia atau Shopee

Leave a Reply

Your email address will not be published.