jenis kimchi korea

Kimchi Korea? Yang mana yang paling kamu suka?

Makanan yang dikenalkan pada bangsa Korea pada abad ke-7 oleh bangsa Tiongkok ini terus berkembang selama berabad-abad di tengah-tengah masyarakat Korea. Diperkirakan pada awal abad ke-12 beberapa bahan dalam pembuatan kimchi terus ditambahkan dan pembuatan kimchi semakin berbeda daripada yang telah diajarkan oleh Tiongkok pada bangsa mereka. Hingga akhirnya pada abad ke-18, bubuk cabai pedas yang menjadi salah satu ciri khas dari kimchi pun popular digunakan dan menjadi salah satu bahan utama pembuatan kimchi.

Sesungguhnya, dari proses yang dialami selama ratusan tahun ini ada banyak sekali jenis kimchi yang berkembang di masyarakat Korea. Namun ada lima jenis kimchi yang paling banyak disukai dan diproduksi, selain karena rasanya yang maknyus, kimchi-kimchi ini juga terlihat sangat menggugah selera!

1. Baechu Kimchi (배추 김치)

kimchi masyarakat korea

Ini adalah jenis kimchi yang paling populer dinikmati oleh sebagian besar orang Korea juga masyarakat asing lainnya karena rasanya yang menyatu di lidah banyak orang. Kimchi ini juga yang paling mudah kita temui di restoran-restoran yang ada di Indonesia.

kursus bahasa korea online gratis

Baechu kimchi adalah kimchi yang dibuat dengan sawi putih secara utuh, lalu dicampur dengan bubuk merica, bawah putih, kecap ikan dan rempah-rempah lainnya. Lalu didiamkan di suhu ruangan di dalam tempat yang tertutup rapat untuk melalui proses fermentasi. Baechu kimchi sendiri memiliki variasi menurut wilayahnya, jika kalian pergi ke Korea dan mencicipi kimchi ini di sana, semakin kalian pergi ke selatan semakin asin, pedas, dan juicy.

2. Kkakdugi (깍두기)

kimchi masyarakat korea

Bahan dasar bumbu yang digunakan untuk membuat kimchi ini sebenarnya sama dengan Baechu kimchi. Hanya saja sayur utama yang difermentasi berbeda, yaitu lobak yang dipotong-potong seperti dadu. Meskipun lobak bisa tersedia sepanjang tahun, namun lobak yang tumbuh di musim dingin rasanya lebih manis dan lebih pekat. Ini pun salah satu alasan mengapa banyak sekali yang mengawetkan lobak.

3. Nabak Kimchi (나박 김치)

kimchi masyarakat korea

Jenis kimchi yang satu ini adalah salah satu jenis kimchi yang rasanya mungkin tidak begitu pedas. Bahan utama sayur yang difermentasikan adalah campuran lobak dan sawi putih. Hal yang membuat kimchi ini rasanya tidak begitu pedas adalah komposisi air yang berasal dari kuah fermentasi kimchi yang banyak serta campuran potongan buah seperti apel dan pir.

4. Yeolmu Kimchi (열무 김치)

kimchi masyarakat korea

Ini adalah salah satu jenis kimchi yang populer pada musim panas dan musim semi. Alasannya adalah lobak yang tumbuh pada musim ini tipis dan kecil serta berwarna hijau. Biasanya disajikan tanpa atau melalui proses fermentasi karena kimchi ini nyaris melengkapi hampir semua jenis makanan yang dmakan pada musim panas maupun musim semi.

5. Oi sobagi (오이 소박이)

kimchi masyarakat korea

Nah, kalau kimchi yang satu ini paling disukai pada musim semi ataupun musim panas. Alasannya karena rasanya renyah yang berasal dari bahan dasar utama yang difermentasikan yaitu timun. Timun yang memiliki tekstur yang renyah juga menyegarkan berpadu dengan bumbu-bumbu dasar kimchi.

kursus bahasa korea murah

Nah, itu dia 5 jenis kimchi yang harus kamu coba. Kira-kira kalian ingin coba kimchi yang mana aja nih? Kayaknya enak semua ya.  Nah, semua kimchi ini bisa kalian nikmati nyaris di semua restoran yang ada di Korea, bahkan kalian juga bisa dengan mudahnya menemukan kimchi-kimchi ini di mini market yang ada di pinggir jalan. Uuu, sedap!

Ingin Kursus Online Bahasa Korea? Ikuti Kelasnya Sekarang. Gabung Bersama Korean First!

2 Comments

  • ternyata banyak bgt jenis kimchi~

Leave a Reply

Your email address will not be published.