Budaya Arab Di Korea Selatan.

Siapa sangka kalau ternyata Negara Korea sangat akrab dengan budaya Arab. Kerjasama kultural yang berlangsung antara Korea dan negara-negara Arab telah berlangsung sejak tahun 2008 lalu. Kebudayaan Arab telah diperkenalkan di Negeri Ginseng tersebut melalui festival kebudayaan.

Arab Cultural Festival ke-10 telah berlangsung di Teater Nasonal Korea di tanggal 30 Agustus hari Rabu kemarin di Seoul. Jika pada tahun kemarin festival tersebut mengangkat tema pakaian tradisonal dan kuliner. Maka pada tahun 2017 ini Arab Cultural Festival membawa musik-musik tradisonal mereka ke Korea.

Para musisi-musisi trasional dari Sudan, Iraq dan Tunisia mempermainkan instrumen tradisional mereka di depan publik Korea Selatan. Di antara begitu banyaknya musisi yang menampilkan musik-musik tradisional, ternyata salah satu anggota grup teater tradisonal dari Sudan pun turut tampil, yaitu Ranin Elbalimbo. Ranin Elbalimbo memainkan dengan sempurna alat musik tanbor yang merupakan alat musik bersenar dengan leher yang panjang. Tanbor merupakan alat musik yang sangat terkenal di Iran, Turkey, dan India.

Selain Ranin Elbalimbo, Ahmad Shamma, salah satu musisi tersohor negeri Arab pun memainkan alat musik petik lainnya bernama, oud, untuk membawakan lagu tradisonal arab. Lalu, ada pula violinist Tunisia bernama Yasmine Azaiez yang mempertunjukkan keahliannya menggabungkan permainan violin dan darbuka, alat musik tradisional yang dimainkan di Timur Tengah.

Selain di Seoul, Arab Culture Festival ke-10 ini akan diselenggarakan pula di Gwangju pada tanggal 2 September, bertembat di Culture Center.

Ingin Kursus Online Bahasa Korea? Ikuti Kelasnya Sekarang. Gabung Bersama Korean First!

Leave a Reply

Your email address will not be published.