Libur Nasional Korea Selatan.

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, kalian sudah tahu dong kalau Indonesia menjadi negara dengan hari libur nasional terbanyak di dunia. Orang-orang sampai heran, kenapa Indonesia bisa punya hari libur sebanyak itu. Hehehe. Nah, ngomong-ngomong soal hari libur nasional, ada info menari nih untuk kaliat tentang hari libur nasional yang ada Korea. Yuk, disimak!

1 Januari – Tahun Baru (Seollal)

Hari pertama di kalender masehi ditandai sebagai hari libur nasional bagi warga Korea. Namun tanggal satu Januari ternyata tidak hanya diperingati sebagai awal bagi tahun masehi, tapi juga awal bagi kalener lunar atau bulan di Korea. Meskipun libur hanya satu hari, ternyata perayaannya berlangsung selama tiga hari loh.

1 Maret – Hari Independensi

Pada tanggal ini, masyarakat Korea memperingati hari kebangkitan nasional mereka dari masa penjajahan Jepang yang terjadi pada tahun 1919. Gerakan 1 Maret yang ditandai dengan demo besar-besaran ini, selain membuka mata masyarakat Korea dari ketidakadilan yang terjadi di sekeliing mereka, juga membakar semangat bangsa Korea untuk memperjuangkan kemerdekaan negara mereka.

8 April – Hari Lahir Buddha

Meskipun Korea bukan negara yang sangat agamis, namun Korea tetap memperingati hari raya Kelahiran Buddha karena agama Buddha adalah salah satu agama yang mempengaruhi kebudayaan serta lekat dengan sejarah Korea.

5 May – Hari Anak

Pada tanggal ini beragam perayaan diselenggarakan untuk anak-anak di seluruh negara.

6 Juni – Hari Pahlawan

Pada tanggal ini seluruh masyarakat Korea memperingati para pahlawan yang telah gugur serta para veteran perang yang telah memperjuangkan kemerdekaan negara Korea.

15 Agustus – Hari Kemerdekaan

Hanya selisih dua hari lebih dulu dari Indonesia, Korea akhirnya menyatakan diri bebas dari kolonial Jepang pada 15 Agustus 1945.

3 Oktober – Hari Dasar Nasional (National Foundation Day)

Bangsa Korea meyakini bahwa sejarah bangsa mereka dimulai pada tahun 2333 SM dengan berdirinya kerajaan Gojeoseon oleh raja pertama bernama Dangun. Hingga akhirnya hari ini diperingati sebagai berdirinya kerajaan Gojeoseon.

9 Oktober – Hari Hangeul

Alphabet Korea, Hangeul, memiliki arti tersendiri di hati masyarakat Korea. Mereka begitu bangga dengan hangeul karena hangeul merupakan alphabet asli yang mereka miliki. Hingga akhirnya, mereka pun memilih tanggal 9 Oktober sebagai perayaan untuk Hangeul.

25 Desember – Hari Natal

Hari Natal merupakan hari raya untuk umat Kristiani yang ada di Korea, namun suka cita perayaan natal yang meriah bisa dapat di rasakan oleh seluruh orang di seluruh negeri.

Woah, bagaimana Sobat Korean First? Menarik tidak hari Libur Nasional yang ada di Korea. Kalian sendiri, hafal tidak dengan hari Libur Nasional yang ada di Indonesia? Hehehe.

Ingin Kursus Online Bahasa Korea? Ikuti Kelasnya Sekarang. Gabung Bersama Korean First!

One Comment

  • beda 2 hari berarti hari kemerdekaan korea dan indo

Leave a Reply

Your email address will not be published.