December 14, 2019

Tempat Kursus Online Bahasa Korea

Pengen Bekerja ke Korea? Pahami Jalurnya di Sini yang Aman dan Resmi

Menjawab banyak sekali kegelisahan serta pertanyaan-pertanyaan yang muncul tentang bagaimana cara nya agar bisa bekerja ke Korea, Korean First melalui posting-an ini akan berusaha untuk menjelaskan secara lengkap semua hal yang harus kamu ketahui tentang proses keberangkatan sampai akhirnya bisa bekerja di Korea. Semoga penjelasan ini bisa membantu dan menolong kalian semua yang bercita-cita mengubah nasib dengan pergi bekerja ke Korea.

 

PROSES

 

  • JALUR KEBERANGKATAN RESMI: BNP2TKI – G to G KOREA

Sebelum Anda memutuskan untuk bekerja sebagai Tenaga Migran Indonesia (PMI) ke Korea, ada baiknya Anda mengetahui jalur pengiriman tenaga kerja yang legal dan resmi. Hal ini penting karena jikalau Anda memilih jalur ilegal dan kemudian mengalami masalah saat berada di Korea Selatan, Anda akan di deportasi dan dilarang untuk bekerja di Korea selama kurang lebih 20 tahun. Sungguh sangat disayangkan.

Sejak tahun 2004, pengiriman PMI ke Korea dilakukan secara antarpemerintah (G to G) melalui program bernama Employment Permit System (EPS). Program ini dijalankan oleh BNP2TKI atau Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia yang merupakan lembaga pemerintahan non kementrian yang berdiri secara mandiri untuk melindungi semua pekerja migran yang ada di luar negeri. Dengan adanya program G to G Korea dari BNP2TKI ini, para calon PMI yang hendak bekerja ke Korea tidak perlu bingung mencari-cari lagi jalur resmi untuk pergi ke Korea.

INGAT! Jalur resmi pengiriman PMI ke Korea Selatan melalui sistem G to G hanya melalui jalur ini. Di luar jalur ini maka sudah dipastikan ilegal dan negara tidak dapat melindungi keselamatan Anda selama bekerja di sana. Selain itu, tunjangan-tunjangan juga tidak akan di dapatkan apa bila kalian melalui jalur ilegal.

  • LAPANGAN PEKERJAAN: MANUFACTURE DAN FISHING

“Pertanyaan selanjutnya yang terlintas di benak Anda ketika memutuskan untuk bekerja di Korea pasti “Di Korea nanti kerja apa?”

 

Ada lima sektor pekerjaan yang ditawarkan oleh pemerintah Korea Selatan, yaitu manufaktur, perikanan, konstruksi, pertanian, dan jasa. Namun dari kelima pekerjaan yang ditawarkan oleh Korea Selatan tersebut, pemerintah Korea baru membuka pendaftaran di bidang manufaktur dan perikanan untuk PMI Indonesia.

Kapan sektor lainnya dibuka? Sampai artikel ini diturunkan Pemerintah Kora belum mengeluarkan jadwal resmi lowongan untuk itu sehingga ada baiknya kita menunggu pemberitaan resmi lebih lanjut tentang ketiga sektor lainnya. Jadi, untuk kalian yang sudah memiliki pengalaman di bidang manufaktur dan perikanan, ada baiknya jika kalian mendaftar ke dua bidang tersebut daripada menunggu dibukanya lowongan dari sektor lainnya yang belum pasti kapan dibuka.

 

  • PERSYARATAN UNTUK MENGAJUKAN DIRI KE BNP2TKI: LULUS UJIAN EPS-TOPIK CBT

 

Setelah kalian tahu kemana harus melamar dan pekerjaan apa yang ingin kalian lakukan di Korea nanti. Tahapan selanjutnya adalah menyiapkan semua persyaratan yang kalian butuhkan. Ada banyak sekali berkas-berkas yang harus kalian siapkan untuk mendaftar dimulai dari KTP sampai ijasah dan keterangan telah melakukan pelatihan keselamatan kerja. Kalian bisa melihat list berkas-berkas yang harus disiapkan di situs resmi BNP2TKI (LINK) dan sebisa mungkin mempersiapkan diri sebaik-baiknya sebelum mengikuti ujian.

Ujian?

Iya, betul. Tidak semua orang bisa pergi ke Korea untuk bekerja. Pemerintah Korea, pada tahun 2019 hanya memberikan jatah 8800 orang PMI yang terbagi di dua sektor tadi. Sementara yang melamar sebagai tenaga kerja di bidang manufaktur saja sudah mencapai 25 ribu orang (Link: Gaji 21 Juta/Bulan, Sebanyak 24.952 Orang Tenaga Migran Indonesia berebut Kuota Pergi ke Korea tahun 2019).

Jadi, tentu saja akan ada ujian yang harus dilalui untuk menyeleksi para PMI terbaik untuk dikirimkan ke Korea.

Waduh, kalau gak lulus ujian gimana dong, tenang saja. Selama usia Anda masih dibawah 39 tahun, Anda bebas mengikuti ujian EPS-TOPIK berkali-kali. Jika gagal pada ujian pertama, persiapkan diri Anda sebaik-baiknya pada ujian berikutnya dan belajarlah dari kesalahan yang telah Anda buat. Jangan pernah menyerah demi mimpi bisa bekerja ke Korea.

  • TAHAPAN YANG HARUS DILALUI HINGGA BISA BEKERJA DI KOREA SELATAN

 

“Bisa tidak jelaskan alur yang harus dilalui agar bisa bekerja di Korea Selatan? Saya masih bingung.”

 

Tenang-tenang, jangan panik, berikut alur penempatan PMI Program G to G Korea yang sudah kami rangkum dan jelaskan sesingkat mungkin dengan bantuan gambar di bawah ini.

 

1. PENDAFTARAN ONLINE UJIAN EPS SISTEM POIN

 

Pendaftaran online ini dilakukan di laman resmi BNP2TKI (http://g2g.bnp2tki.go.id/)dan bisa dilakukan di mana saja asalkan tersambung dengan internet.

Pilih “Pendaftaran CBT Umum” jika Anda adalah calon PMI yang baru pertama kali ingin datang ke Korea dan sama sekali belum pernah bekerja di Korea. Sementara itu, jika Anda adalah PMI yang sudah pernah ke Korea sebagai PMI dan ingin kembali ke Korea untuk bekerja, silakan pergi ke laman “Pendaftaran CBT Khusus”. Akan tetapi, pendaftaran khusus ini hanya untuk PMI yang jangka waktu bekerjnya di bawah 5 tahun. Apabila sudah pernah bekerja di Korea lebih dari 5 tahun, maka dilarang untuk mengajukan diri lagi.

 

2. VERIFIKASI DOKUMEN PENDAFTAR DAN PEMBAGIAN KARTU UJIAN

Setelah kalian melakukan pendaftaran online, kalian bisa melakukan verfikasi dokumen dan mendapatkan kartu ujian. Biasanya jadwal dan lokasi verifikasi akan diumumkan setelah masa pendaftaran online selesai.

3. UJIAN EPS SISTEM POIN

Ada dua tahapan yang harus dilalui dalam ujian EPS ini, yaitu:

  1. Ujian tertulis EPS-TOPIK
  2. Ujian Keterampilan dan Ujian Kompetensi

 

Namun yang harus digarisbawahi di sini adalah Anda baru bisa melanjutkan ke tahap kedua jika lulus tahapan pertama. Jadi kalian harus mempelajari bahasa Korea dengan baik agar nanti bisa lulus ke tes keterampilan dan uji kompetensi.

Berikut distribusi penilaian dengan sistem poin yang digunakan oleh BNP2TKI untuk menyeleksi para calon TKI.

Cara bekerja ke korea

 

Bisa dilihat perbedaan poin antara sektor manufaktur dan perikanan. Maka dari itu, bagi kalian yang ingin mengikuti ujian nanti, perhitungkanlah baik-baik poin-poin yang dibutuhkan untuk lulus. Sistem poin ini hanya meluluskan mereka yang memiliki poin tertinggi, jadi ini adalah kompetisi siapa yang memiliki poin tertinggi. Jadi tidak ada yang namanya “Minimal dapat poin berapa ya untuk lulus?” Karena jikalau ada 1000 orang yang dipilih dan nilai orang ke 1000 adalah 175, maka yang dibawah itu akan gugur.

Jadi harus semaksimal mungkin dalam menjalankan ujian, ya! Semangat! Harus mendapatkan poin setinggi-tinggi yang kalian mampu.

4. PENGUMUMAN DAN PEMBAGIAN SERTIFIKAT KELULUSAN

Selamat! Anda sudah dinyatakan lulus dan berhak menerima sertifikat bahwa kalian seorang calon PMI yang siap bekerja di Korea. Kalian bisa mencetak sertifikat kalian di laman resmi BNP2TKI.

Cara bekerja ke korea

5. KIRIM DOKUMEN LAMARAN KERJA VIA ONLINE (g2g.bnp2tki.go.id)

Setelah Anda lulus ujian, tentu saja yang harus kalian lakukan adalah untuk memepersiapkan segala berkas-berkas untuk secara resmi melamar ke Korea. Ketika kalian melakukan tahapan ini, pastikan semua berkas kalian telah benar sehingga perusahaan-perusahaan di Korea bisa memilih para tenaga kerjanya dengan lebih baik.

6. VERIFIKASI DAN PENGIRIMAN (SENDING) DATA KE HRD KOREA

 

Setelah melakukan lamaran kerja via online, saatnya mengirimkan lamaran yang sudah kalian buat di laman resmi BNP2TKI ini ke Korea. Namun, sending data ke Korea ini juga perlu kuota. Kuota yang dibuka setiap kloternya adalah kurang lebih 200 orang dan web resmi BNP2TKI akan tutup pada hari libur. Jadi kalian tidak akan bisa mengirimkan lamaran ke Korea. Disarankan Anda melakukan sending ini pada tengah malam sampai dini hari agar tidak keduluan para pelamar lainnya yang memperebutkan kuota tersebut.

 

7. MENDAPATKAN STANDARD LABOUR CONTRACT (SLC)

 

Selamat! Akhirnya Anda sudah memiliki kontrak buruh yang menjadi penanda resmi bahwa kalian adalah buruh sah dan legal yang dikirim ke Indonesia untuk Korea!

 

8. PRELIMINARY EDUCATION

 

Di sini Anda akan diberikan pelajaran tambahan sebelum benar-benar berangkat ke Korea dan bekerja di sana. Dari memperlancar bahasa Korea Anda hingga menjelaskan tetang hal-hal apa saja yang akan Anda hadapi di sana. Selain menerima pembekalan yang diberikan oleh BNP2TKI, diharapkan Anda juga mencari tahu sendiri apa saja yang harus Anda siapkan untuk pergi ke Korea. Mungkin juga bisa mulai mencari-cari teman yang sudah bekerja di Korea agar nanti bisa membantu selama memulai kehidupan di negeri orang.

 

9. CCVI KELUAR DAN APPLY VISA

 

Apabila semua lancar makan CCVI Anda akan Keluar dan Anda pun bisa mengajukan visa kerja ke Korea Selatan.

 

10. NAME TAG PENERBANGAN DAN TIKET PENERBANGAN

 

Akhirnya waktu keberangkatan ke Korea sudah dekat. Setelah menerima name tag dan tiket penerbangan ini, kalian tinggal menunggu waktu berangkat ke Korea. Senang sekali!

 

11. E-KTKLN DAN PENERBANGAN KE KOREA SELATAN

 

Saat Anda akhirnya berangkat ke Korea Selatan, Anda akan dibekali dengan BPJS dan E-KTKLN atau Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri yang bisa kalian tunjukkan apabila dibutuhkan selama bekerja di Korea.

 

 

  • BIAYA YANG DIKELUARKAN UNTUK BEKERJA DI KOREA

 

Nah, ini dia informasi yang paling ditunggu-tunggu. Berapa ya biaya yang harus Anda keluarkan untuk bisa bekerja ke Korea. Dalam ilustrasi yang diberikan oleh BNP2TKI, kebutuhan seorang calon PMI yang hendak ke Korea adalah sebagai berikut.

 

Cara bekerja ke korea

 

 

Berdasarkan biaya-biaya yang telah dijabarkan oleh BNP2TKI di atas kita bisa mengambil kesimpulan sebagai berikut berapa total yang sekurang-kurangnya dipersiapkan jika ingin bekerja ke Korea.

Cara bekerja ke korea

 

Biaya tersebut bisa berubah sewaktu-waktu apabila ada perubahan kurs Dollar atau pun Won terhadap Rupiah. Akan tetapi, kebutuhan-kebutuhan dasar yang telah disebutkan di atas adalah kebutuhan yang harus dipenuhi sebelum kalian pergi ke Korea. Jadi, ada baiknya Anda mempersiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin.

 

 

  • SETELAH PULANG DARI KOREA NANTI MAU NGAPAIN YA?

Cara bekerja ke korea

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan setelah pulang ke Indonesia. Dimulai dari berwirausaha lalu menjadi tenaga kerja kembali. Apa pun yang Anda lakukan, pengalaman yang sudah Anda dapatkan di Korea bisa menjadi bekal yang cukup untuk sukses di negeri sendiri.

PERSIAPAN

“Selain biaya yang telah disebutkan sebelumnya, apa sih hal lain yang harus disiapkan bagi seorang calon PMI untuk pergi ke Korea?”

 1. Menguasai Bahasa Korea

Pertama, tentu saja Anda harus menguasai bahasa Korea. Hal ini sangat penting karena selain kemampuan berbahasa Korea menjadi bahan ujian tahapan pertama yang menentukan kelulusan, skill ini tentu akan sangat berguna bagi kita saat sudah berada di Korea nanti.

Ada banyak cara untuk mempelajari Korea karena sekarang sudah banyak sekali situs-situs internet yang memberikan ilmu gratis, sehingga Anda pun bisa mempelajarinya secara otodidak. Akan tetapi, mempelajari bahasa secara otodidak itu sulit karena kita tidak mengetahui harus mulai dari mana mempelajarinya.

Maka, cara terbaik untuk mempelajari bahasa adalah dengan mencari pembimbing yang bisa mengarahkan Anda tentang apa saja yang harus dipelajari. Selain itu, dengan bantuan pembimbing fokus pelajaran kita bisa kepada soal-soal EPS-TOPIK yang berbeda dengan soal-soal bahasa Korea kebanyakan.

2. Mempersiapkan Keterampilan 

Kemudian, selain bahasa, Anda juga harus mempersiapkan keterampilan yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang diinginkan. Hal ini agar nanti setelah lulus seleksi tahap pertama, kalian juga bis lulus tahap berikutnya, yaitu ujian keterampilan. Keterampilan ini hanya bisa dimiliki dengan pernah bekerja di bidang yang diinginkan atau mengikuti kursus keterampilan.

3. Persiapkan Mental

Terakhir yang harus disiapkan adalah mental. Perjuangan untuk ke Korea sebagai PMI tidaklah mudah. Ada ribuan orang yang berlomba-lomba untuk mendapatkan kesemaptan itu, jadi Anda jangan sampai lengah atau menganggap bahwa ini bukanlah sebuah kompetisi. Namun, meskipun sebuah kompetisi, tentu saja berkompetisi dengan sehat itu yang paling penting. Saling membantu satu sama lain dan berbagi ilmu tentu saja akan lebih berguna karena pada akhirnya semua hanya ingin membahagiakan keluarga dan orangtua.

Jadi, apabila Anda gagal dalam ujian. Janganlah pantang menyerah, Anda harus terus mencoba dan mempelajari kesalahan, agar nanti tidak terulang kembali.

 

MENGATASI KESULITAN YANG DIALAMI

1. Memperlajari Bahasa

Kesulitan yang paling pertama dihadapi oleh calon PMI adalah mempelajari bahasa. Terkadang, calon PMI adalah orang-orang yang juga masih bekerja untuk menghidupi keluarganya di Indonesia, sehingga untuk mempelajari hal baru seperti bahasa Korea, tentu saja kesulitan mencari waktunya.

Maka dari itu, belajar melalui internetlah satu-satunya cara untuk mempelajari bahasa Korea. Akses internet yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja membuat mempelajari bahasa Korea menjadi lebih mudah. Akan tetapi, mempelajari bahasa Korea melalui internet secara otodidak tentu saja akan sangat sulit tanpa bimbingan.

Solusi:

Nah, solusi dari masalah ini bisa dijawab dengan menikuti kelas bahasa Korea online. Kelas bahasa Korea online, selain lebih murah dan praktis, juga memiliki kualitas yang tidak kalah dengan mempelajari bahasa Korea secara langsung di dalam kelas. Selain kita bisa lebih fokus untuk belajar karena tidak terganggu dengan murid lainnya, kita juga bisa melakukannya di mana saja dan mengatur waktu sebisa mungkin.

Di Korean First, kami menyediakan banyak sekali program kursus bahasa Korea online yang terbagi dalam berbagai tingkatan yang disesuaikan dengan kemampuan bahasa Korea Anda. Semua tenaga pengajar yang ada juga profesional dan terlatih. Selain itu, Anda juga akan dibekali dengan beragam soal-soal yang mengasah kemampuan kalian dalam mengerjakan ujian EPS-TOPIK. Jadi, dalam waktu singkat kalian mungkin sudah mengerti tipe-tipe soal seperti apa yang akan keluar dalam ujian.

Perbanyak Doa

Selain berusaha untuk mengatasi segala kesulitan seperti kursus online, banyak berdoa serta terus berlatih mengasah kemampuan juga sangat membantu. Doa adalah obat paling ampuh untuk menjawab segala kesulitan yang ada. Ketika ada masalah, dengan berdoa pikiran kita menjadi tenang dan akhirnya hal itu membantu kita untuk memecahkan masalah yang sedang kita harapi.

Jadi, jangan lupa untuk berdoa di setiap prosesnya. Semoga apa yang akan kita capai di Korea nanti menjadi berkah bagi diri kita sendiri juga keluarga.

 

Note:

Jika ada pertanyaan yang ingin diajukan tentang bekerja ke Korea, silakan tulis pertanyaan kalian di kolom komentar yang ada di bawah ya!


Mau Bisa Belajar Bahasa Korea Dengan Waktu Yang Flexible?

Yuk Gabung KURSUS ONLINE BAHASA KOREA di KOREANFIRST

Konsultasi dan Pertanyaan seputar Kursus Online

Hubungi admin: 087719424203

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.