peluang kerja jurusan bahasa korea

Peluang kerja jurusan Bahasa Korea memang tidak lepas dari pengaruh kebudayaan Korea Selatan yang kian populer. Semenjak gelombang budaya pop korea (Hallyu) mendunia, minat masyarakat terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan Negeri Gingseng ini turut meningkat.

Peluang Kerja Jurusan Bahasa Korea

Indonesia dan Korea Selatan sebenarnya sudah lama menjalin kedekatan khusus sebagai partner dagang, investasi, dan kerjasama di bidang keamanan. Jauh sebelum K-pop atau K-drama menjamur di negeri ini.

Tapi semenjak tren budaya Korea Selatan mulai mencuri perhatian kaum milenial Indonesia, yang notabene sebagai penduduk mayoritas, interaksi bisnis dan perdagangan kedua negara pun kian mesra.

Seperti dikutip Tirto melalui sebuah laporan dari Korea Economic Institute pada 2014 silam, banyak perusahaan asal Korea Selatan yang sejak tahun 1980-an memindahkan pabrik ke Indonesia untuk mempertahankan daya saingnya di level internasional.

Indonesia dan Korea Selatan bahkan sudah sepakat untuk meningkatkan perdagangan bilateral mereka menjadi 30 miliar dolar AS pada 2022 mendatang.

Ini merupakan gambaran besarnya saja. Jika ditilik lebih detail lagi, siapapun yang sudah cukup akrab dengan kebudayaan dan bahasa kedua negara tersebut akan melihat peluang-peluang emas yang sedang menanti.

Lalu, kira-kira apa saja peluang emas tersebut? Mari kita intip satu per satu:

Menjembatani Hubungan Bisnis Sebagai Interpreter

Bekerja sebagai seorang interpreter sudah lama menjadi incaran para lulusan bahasa asing, tak terkecuali sarjana Sastra Korea. Seperti yang sudah dijelaskan, interaksi bisnis antara Indonesia dan Korea Selatan terbilang akrab. Dan diprediksi akan semakin akrab lagi di masa mendatang.

Seiring melebarnya jejaring bisnis perusahaan-perusahaan asal Korea Selatan di Indonesia, keberadaan seorang interpreter tentunya akan semakin dibutuhkan.

Dan coba kamu bayangkan, kira-kira berapa penghasilan yang bisa kita raih dari pekerjaan ini? Sebagai interpreter yang bertugas menjembatani komunikasi bisnis dengan mitra dan investor? Belum lagi gaji seorang interpreter biasanya jauh lebih besar dibanding penerjemah biasa.

Menerjemahkan Teks Sebagai Translator

Selain interpreter, translator juga termasuk profesi yang paling digandrungi oleh para lulusan bahasa asing. Peran keduanya sama-sama bertugas untuk menerjemahkan. Bedanya, seorang interpreter menerjemahkan bahasa secara lisan, sedangkan translator menerjemahkan bahasa secara tekstual atau tertulis.

Peluang kerja sebagai translator banyak ditemukan dalam perusahaan-perusahaan penerbitan. Baik secara freelance ataupun pekerja tetap. Tapi, saat ini permintaan tenaga penerjemah sudah mulai banyak bermunculan dari perusahaan-perusahaan di berbagai industri, mulai dari media massa hingga perusahaan logistik lintas benua.

Jika kita bicara nominal, menurut hasil survey dari sejumlah komunitas penerjemah di Indonesia, gaji paling rendah untuk seorang penerjemah yang belum memiliki pengalaman tidak kurang dari 5,5 juta Rupiah. Itu baru dari perusahaan lokal, bagaimana jika permintaannya berasal dari perusahaan asing? Tentunya akan bertambah berkali-kali lipat mengingat tugas seorang penerjemah tergolong krusial.

Menularkan Kemampuan Sebagai Pengajar

Tentu saja! Sebagai bahasa yang dilafalkan para bintang K-pop, di negara dengan basis penggemar K-pop terbesar ke-3 di dunia, menjadi seorang tenaga pengajar bahasa Korea tentunya akan sangat menjanjikan.

Tingkat popularitas kultur pop Korea Selatan di Indonesia sangatlah masif. Hal ini turut mendorong minat orang-orang untuk mengenal lebih jauh tentang Korea Selatan. Dan untuk melakukan itu, bahasa berperan sebagai kunci.

Pecinta budaya Korea Selatan di tanah air sudah cukup akrab dengan Bahasa Korea. Tapi hanya segelintir yang benar-benar menguasainya. Ini bisa menjadi peluang emas bagi para sarjana dari jurusan Bahasa Korea.

Menemani Para Traveler Sebagai Pemandu Wisata

Indonesia memiliki potensi wisata yang sangat melimpah. Kita tahu bahwa jumlah wisatawan domestik yang berkunjung ke Indonesia selalu meningkat setiap tahunnya, tak terkecuali wisatawan asal Korea Selatan. Menurut data indikator dari CEIC Data, kunjungan wisatawan Korea Selatan dilaporkan meningkat hingga 36.058 orang pada Juni 2020.

Pariwisata termasuk salah satu ranah industri paling menjanjikan di Indonesia. Jumlah pundi-pundi Rupiah terbesar juga berasal dari industri ini. Apalagi jika kamu seorang lulusan Bahasa dan Sastra Korea, kamu bisa menyediakan layanan private tour guide.

Honor seorang private tour guide tidak bisa diremehkan, apalagi jika bertugas ganda sebagai interpreter!

Tingkatkan Kemampuan Bahasa Agar Daya Saing Semakin Kuat

Peluang kerja jurusan Bahasa Korea tidak terbatas hanya untuk peran-peran tertentu seperti yang telah kita bahas tadi. Lebih jauh, kamu juga berpeluang untuk menjadi staff kedutaan asing atau instansi-instansi pemerintahan yang sering terlibat urusan luar negeri.

Yang terpenting, jangan berhenti untuk terus belajar Bahasa Korea agar kualitas dan daya saingmu semakin kuat. Tidak sulit kok, cukup dengan mengikuti kursus Bahasa Korea online, kamu sudah bisa melatih kemampuanmu secara intensif setiap hari. Menariknya lagi, kamu juga bisa sekaligus mempersiapkan diri untuk bekerja di luar negeri!

1 Comment

Leave a Comment