November 20, 2019

Tempat Kursus Online Bahasa Korea

Eks PMI mau balik ke Korea lagi? Bisa kok lewat sini

Eks PMI mau balik ke Korea lagi? Bisa kok lewat sini

     Bekerja ke Korea adalah impian. Merupakan suatu proses panjang dan melelahkan untuk mencapai mimpi ke Korea memang tidak mudah. Namun, bagi mereka yang sudah pernah ke Korea dan merasakan nikmatnya mengadu nasip di Negeri Ginseng tersebut pasti memiliki hasrat untuk kembali ke sana. Menjawab hal itu, BNP2TKI memberikan kesempatan untuk para Eks-PMI yang ingin kembali ke Korea melalui ujian EPS-TOPIK CBT KHUSUS sebagai sarat untuk bisa kembali ke Korea.

     Pelaksanaan EPS-TOPIK CBT KHUSUS ini telah berlangsung yang kedua kalinya tahun ini pada bulan Juni lalu. Telah meluluskan banyak sekali para eks-PMI Korea yang masih berharap untuk kembali ke Korea. Nah, jika kamu adalah satu dari para eks-PMI Korea yang ingin kembali ke Korea. Yuk, disimak informasi tentang jalur khusus ini.

 

SIAPA SAJA YANG BOLEH MENGIKUTI UJIAN INI?

     Secara spesifik, BPN2TKI menyatakan bahwa ujian ini memang dikhususkan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang pernah bekerja di Korea dan secara sukarela kembali ke Indonesia sebelum/sesudah masa kontrak kerja selesai dan ingin kembali bekerja di Korea. Namun, ada satu hal yang paling ditekankan oleh BPN2TKI adalah para PMI yang ingin kembali pergi ke Korea Selatan melalui jalur ini harus TIDAK PERNAH bekerja di Korea Selatan LEBIH DARI 5 TAHUN, termasuk penggabungan dengan menggunakan Visa E-9 dan Visa E-10. Bagi yang pernah bekerja di Korea lebih dari 5 tahun tetapi NEKAD untuk mendaftar, maka yang bersangkutan akan ditolak untuk mengirimkan dokumen lamaran melalui Sending Public Agency System oleh HRD Korea dan atau CCVI ditolak oleh Imigrasi Korea.

 

KALAU SUDAH 5 TAHUN BERARTI SAMA SEKALI TIDAK BISA KEMBALI KE KOREA?

     Tenang. Tenang. Itu adalah aturan bagi PMI eks-PMI yang ingin kembali ke Korea mengikuti jalur khusus tersebut. Bagi kalian yang ingin kembali ke Korea tapi  masa kerja telah lebih dari 5 tahun, namun masih cukup umur untuk bekerja ke Korea, kalian bisa kembali ke Korea dengan memulai proses sebagai TKI dari awal.

     Iya, kalian bisa mengikuti tes EPS-TOPIK sebagai calon PMI dari awal lagi bersama ribuan orang lainnya. Jadi kalian tidak usah panik, karena kesempatan tersebut masih ada. Namun kalian harus mengikuti semua proses calon PMI dari awal kembali, yaitu mengikuti dua tahapan yaitu test EPS TOPIK dan SKILL TEST. Berbeda dengan Eks TKI di bawah lima tahun yang hanya melewati test tertulis saja. Selain itu yang harus digarisbawahi adalah usia pendaftar yang tidak boleh lebih dari 39 tahun. Meskipun kalian ingin kembali ke Korea tapi usia kalian sudah lebih dari itu, maka tetap akan dinyatakan gagal. 

 

KALAU IKUT JALUR INI BISA BEBAS PILIH KERJA SEKTOR APA AJA?

     Jawabannya TIDAK. Khusus untuk para PMI yang ingin bekerja kembali di tempat yang sama sewaktu bekerja di Korea karena sudah bekerja di sana lebih dari satu tahun, maka harus memilih sektor pekerjaan YANG SAMA. Sektor perikanan mau pun manufaktur, harus disesuaikan sama dengan yang pernah dikerjakan sebelumnya di Korea. Oleh karena itu, pelamar harus memilih sektor pekerjaan dengan seksama mengingat pertimbangan tersebut.

 

JADI, PERSYARATAN UNTUK DAFTAR UJIAN APA AJA?

Ada banyak sekali persyaratan untuk mendafar ujian ini, kalian bisa persiapkan semua berkas-berkas yang dibutuhkan dengan mengikuti aturan yang telah ditentukan oleh BNP2TKI. Silakan cek laman resmi BNP2TKI berikut ini untuk info lebih lengkapnya:

 

BNP2TKI – EPS-TOPIK CBT KHUSUS

 

BENTUK UJIAN NANTI ADA TES SKILL JUGA?

TIDAK.Khusus untuk ujian Eks-PMI ini ternyata ujian yang dilakukan hanyalah ujian EPS-TOPIK yang terdiri dari soal membaca dan mendengarkan yang dilakukan tanpa jeda waktu istirahat. Bentuk soal ujian adalah pilihan ganda. Berikut ringkasan bantuk ujian yang akan diujikan.

 

JUMLAH PESERTA YANG AKAN LULUS

Mengutip dari laman BNP2TKI, jumlah peserta yang lulus ujian akan diumumkan lebih lanjut atau tidak ditentukan berapa jumlahnya. Hal ini dikarenakanpeserta yang lulus adalah mereka yang memperoleh nilai tertinggi lebih dari 95 dan nilai maksimal 200 poin. Jadi, ingat ya, nilai tertinggi! Bukan siapa saja yang mendapat nilai minimal 95 pasti lulus.

 

APAKAH JIKA LULUS UJIAN EPS-TOPIK KHUSUS INI PASTI BISA BEKERJA KEMBALI KE KOREA?

TIDAK. Lulus Ujian EPS-TOPIK Khusus ini HANYA merupakan kualifikasi atau syarat untuk melamar pekejerjaan di Korea dan tidak menjamin kepastian ditempatkan bekerja kembali di Korea. Tapi kalian jangan patah semangat dulu ya, pokoknya kalian harus tetap yakin bahwa jika memang kembali ke Korea adalah jalannya, maka pasti kalian bisa kembali ke sana.

 

PERHATIKAN DENGAN SEKSAMA IDENTITAS DIRI KALIAN

Apabila terdapat perbedaan data identitas diri pada paspor atau kartu tanda pengenal dengan identitas diri pada lembar pendaftaran (nama, tanggal lahir dan gender), maka proses penempatan ke Korea akan dibatalkan dan peserta bersangkutan bertanggung jawab sepenuhnya apabila salah mengisi data identitas sehingga terjadi perbedaan diri bersangkutan.

 

     Nah, demikian hal-hal penting yang harus kalian ketahui tentang jalur untuk eks-PMI ini. Jika kalian masih bingung, silakan tanyakan saja di kolom komentar yang ada di bawah. Kami pasti akan menjawab pertanyaan tersebut sebaik-baiknya!

     Semangat terus, jangan patah asa untuk bekerja kembali ke Korea!

 


Mau Bisa Belajar Bahasa Korea Dengan Waktu Yang Flexible?

Yuk Gabung KURSUS ONLINE BAHASA KOREA di KOREANFIRST

bekerja ke Korea CPMI

Konsultasi dan Pertanyaan seputar Kursus Online

Hubungi admin: 087719424203

Related posts

3 Comments

  1. Anonymous

    Lalu perbedaannya apa yg eks pmi kurang dr 5 th dengan yg di atas 5 th. Karena keduanya sama2 bisa ikut tes dan tidak ada skill test jg?

    Reply
    1. Korean First

      “…memulai proses sebagai TKI dari awal”

      Kami sudah menyebutkan di atas bahwa kalau mereka yang sudah pernah bekerja ke Korea lebih dair 5 tahun dan ingin kembali ke Korea, selama umurnya belum lebih dari 39, ia masih bisa mengikuti proses EPS dari AWAL. Artinya bahwa mereka harus tetap mengikuti skill test dan EPS TOPIK dari AWAL. DARI AWAL berarti dia mengikuti TEST EPS TOPIK bersama CALON PMI YANG BELUM PERNAH KE KOREA, dari awal.

      Demikian. Semoga membantu.

      Reply
      1. far

        maaf..apa itu untuk aturan baru terhitung sejak 2019 ini? sebab saya ex pmi 7 th,2017 sy ikut dftar spertisebagaimana pemula mngikuti tes bahasa n tes skil jg..tp ternyata pd knyataanya ccvi sy ditolak..terimakasih sebelumnua

        Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.