program magang di Korea

Magang ke Korea Selatan?

Kamu Pasti tahu, berkembangnya teknologi di masyarakat memudahkan kita untuk mendapatkan informasi yang cepat. Tapi, tidak semua informasi yang beredar di internet itu akurat dan dapat dipercaya. Belakangan ini ada banyak informasi yang beredar di media sosial tentang “Program Magang” Korea yang dibuka oleh BNP2TKI/BP2MI.

kursus bahasa korea online gratis

Informasi ini cukup “menggiurkan” bagi  calon tenaga kerja,  karena mereka ini berpikir Magang Korea akan lebih mudah dan murah. Tapi, BNP2TKI?BP2MI lewat situs resminya telah menyatakan bahwa berita itu TIDAK BENAR atau HOAX.

Melalui Kepala Subdirektorat Pelaksanaan Penempatan, Direktorat Pelayanan Penempatan Pemerintah, secara tegas mengatakan bahwa penempatan para pekerja migran Indonesia hanya melalui Program Government to Government (G to G) Korea yang prosesnya meliputi ujian EPS-TOPIK Sistem Poin.

Pihak pemerintah juga menghimbau agar masyarakat khususnya para pencari kerja atau calon pekerja migran Indonesia tidak mempercayai informasi tersebut dan harus lebih berhati-hati lagi dalam memilah-milah informasi yang diterima.

Proses Resmi G toG

Berikut ringkasan proses mendaftar kerja ke Korea secara resmi lewat pemerintah.

kursus bahasa korea murah

1. Lulus EPS TOPIK

Kamu harus lulus dulu ujian bahasa Korea resmi dari pemerintah namanya EPS TOPIK. Jadi kamu perlu belajar dulu bahasa Korea agar bisa lulus test tersebut.

2. Skill Test

Setelah lulus ujian tertulis (EPS TOPIK) kamu akan ikut skill test yaitu ujian keterampilan. Dalam ujian ini kamu akan merangkai papan kayu dengan waktu terbatas, lalu menyusun balok, dan lain sebagainya. Juga kamu akan diinterview oleh orang Korea dengan bahasa Korea. Skill test ini penting banget karena nilai ujian tertulis akan digabungkan dengan nilai skill test ini.

3. Sending Data

Setelah lulus tahap kedua diatas, berkasmu akan dikirimkan secara online ke pemerintah. Selanjutnya kamu tinggal tunggu berkasmu dipilih oleh pabrik di Korea. Nanti kamu akan menerima kontrak kerja (SLC).

4. Preliminary Training

Setelah kontrak kerja turun, biasanya akan segera turun visa. Nah di tahap ini kamu akan dipanggil ke Jakarak sekitar 1 minggu untuk pelatihan sebelum berangkat ke Korea. Kamu akan membayar biaya proses di sini, yaitu biasa visa, tiket pesawat, asuransi, dll.

kursus bahasa korea terbaik

5. Berangkat ke Korea

Setelah visa turun dan selesai training kamu tinggal menunggu jadwal penerbangan ke Korea. Kamu akan dipanggil lagi ke jakarta untuk persiapan berangkat. Biasanya menginap 1 malam. 

Nah itulah proses bekerja ke Korea secara singkat. Ingat semuanya lewat pemerintah. Tidak ada calo atau makelar di sini. Bekerja ke Korea adalah mimpi yang sangat diidamkan, tapi jangan sampai Anda tertipu. Pahami dengan benar setiap prosesnya agar tidak salah langkah. Baca proses lengkapnya di sini: PANDUAN LENGKAP BEKERJA KE KOREA.

Kamu kesulitan belajar bahasa Korea? Ingin bekerja ke Korea? Yuk gabung kelasnya di Korean First. Kami membuka kelas EPS TOPIK untuk persiapan kerja ke Korea. Praktis banget kelasnya dan kamu akan dibimbing sampai terbang ke Korea. Ikuti kelas onlinenya sekarang. Lihat di sini:

One Comment

  • Terimakasih ka atas infonya~

Leave a Reply

Your email address will not be published.